Lokasi ekonomi dan bisnis Jerman


Lokasi Investasi Jerman
Republik Federal Jerman memiliki tingkat produktivitas dan pendapatan yang tinggi, tunjangan sosial yang telah berkembang jauh dan tingkat kemakmuran tinggi. Untuk dapat mempertahankan tingkat standar yang tinggi tersebut, maka haruslah ditempuh penyesuaian-penyesuaian pada perkembangan-perkembangan dalam ilmu pengetahuan, teknik dan di pasar dunia. Lokasi yang mahal hanya dapat bertahan, apabila lokasi tersebut memang adalah lokasi yang baik. Ini ditunjang oleh persaingan yang ketat dalam perekonomian internasional yang semakin terjalin dengan erat. Jalinan ekonomi yang erat tersebut juga sekaligus memberikan kesempatan baru bagi penyediaan produk-produk yang dibutuhkan oleh masyarakat dan relativ murah, juga bagi pandangan baru di pasar dunia yang mengakibatkan munculnya sudut pandang yang baru pula dalam kemungkinan bekerja.
Persyaratan
Lokasi perekonomia Jerman dalam persaingannya di dunia internasional memiliki beberapa kelebihan: tingkat produktivitas tinggi, tenaga kerja dengan tingkat pendidikan tinggi serta bermotivasi, ilmuwan yang kreatif, infrastruktur yang berfungsi dengan baik, kerukunan sosial, nilai mata uang yang stabil dan suasana politik yang dapat dipercaya.
Upaya mempertahankan Lokasi Investasi
Proteksi dan perindustrian atas dasar sistem ekonomi terpimpin bukan jawaban atas tantangan globalisasi - ketentuan/batasan perdagangan (Handelsschranken), subsidi membawa lebih banyak kerugian daripada keuntungan yang bisa dihasilkan. Pemerintah Jerman setuju dengan perdagangan dunia bebas dan menentang segala bentuk isolasi. Jerman sangat tergantung dari pasar bebas, karena Jerman mengekspor 1/3 dari produk domestik brutonya. Bagi Jerman adalah sangat penting untuk memanfaatkan keuntungan-keuntungan dari adanya pembagian kerja (spesialisasi) internasional, mempersiapkan diri terhadap persatuan ekonomi Eropa serta memanfaatkan pasar baru di dalam dan di luar Uni Eropa.
Oleh karenanya telah menjadi tujuan pemerintah Jerman untuk memperbaiki persyaratan bagi perusahaan di Jerman. Kemampuan bersaing dari perusahaan Jerman di pasar bebas internasional bisa ditingkatkan melalui reform pajak, peningkatan kemampuan berinovasi serta dalam hal ekologi, dan dengan dukungan kepada perusahaan menengah.
Perkembangan pesat Jerman Bagian Timur - Tugas bagi semua orang Jerman
Perkembangan ekonomi di Jerman Timur di bulan Oktober 1990 berada dalam keadaan yang menyedihkan. Sementara perekonomian di Jerman Barat sudah kuat dan dapat bersaing secara internasional. Keadaan di Jerman Timur ini tidak mendukung proses integrasi yang pada waktu itu baru akan dilaksanakan.
Treuhandanstalt (perseroan pengawasan harta-benda / trust company) adalah lembaga yang didirikan tahun 1990 serta memegang peranan penting dalam perubahan struktur ekonomi di Jerman Timur setelah runtuhnya tembok Berlin. Tugas lembaga tersebut adalah untuk menyehatkan perusahaan-perusahaan di Jerman Timur serta untuk mendivestasikannya atau bila perlu menutupnya.
Lembaga ini berhasil mendivestasikan hampir seluruh perusahaan yang berada dalam kepemilikan negara dalam kurun waktu yang relatif singkat (hingga akhir 1994) Namun masih banyak kekayaan yang bersifat tidak bergerak, yang perlahan-lahan dijual.
Kemajuan tersebut terlihat nyata dalam pembangunan infrastruktur yang dapat bersaing.
Sebelumnya belum pernah ada modernisasi infrastruktur di Eropa yang begitu pesat:
Hingga akhir 1997 telah dibangun atau dimodernisasi 11.000 Km jalan antar desa atau kota dan 5300 Km rel kereta api.
Die Deutsche Telkom AG (Perusahaan Telkom Jerman) telah memasang 5,2 juta sambungan baru. Dengan sambungan baru tersebut yang menggunakan teknik digital, Jerman Timur, untuk kurun waktu tertentu, memiliki sambungan telefon yang lebih modern dari pada Jerman Barat.
Dalam hal pembangunan rumah tinggal juga terdapat kemajuan. Dengan bantuan pemerintah telah dibangun atau direnovasi sebanyak 3,8 juta apartemen. Itu berarti lebih dari 50% apartemen yang tersedia pada tahun 1990 telah dibangun atau dimodernisasi.
Perubahan struktur dalam sektor pertanian juga menunjukkan kemajuan yang nyata. Terutama dalam hal lahan pertanian telah tumbuh struktur-struktur yang sangat bersaing jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya.
Syarat untuk pembangunan eokonomi adalah sistem hukum yang teratur dan administrasi negara yang berfungsi yang dapat diwujudkan dalam waktu singkat berkat bantuan yang luas dari kantor pemerintahan Jerman Barat.
Pembangunan administrasi negara yang mengambil contoh dari Jerman Barat saat ini telah selesai dilaksanakan.
Situasi saat ini
Lokasi investasi „Neue Länder" (negara bagian baru) dalam perbandingan internasional dapat dibanggakan. Ini terbukti dengan adanya investasi yang dilakukan oleh 1.700 perusahaan asing dari 50 negara. Diantaranya perusahaan holding terkenal seperti General Motors (USA - industri mobil), Elf Aquitaine (Perancis - sektor energi), Dow Chemical (USA - industri kimia), Advanced Micro Devices (USA - industri komputer), Samsung (Korea Selatan - industri elektronik) dan Kvaaerner (Norwegia - galangan kapal).
Investor asing mendapatkan infrastruktur yang modern di Jerman Timur. Tingkat pendidikan, motivasi dan fleksibilitas tenaga kerja dapat dijadikan sebagai contoh. Selain dari itu investor asing juga mendapatkan bantuan yang tinggi untuk investasi mereka dalam perbandingannya dengan negara-negara Eropa lainnya.
Strategi untuk „lokasi investasi Neue Länder"
Tujuan dari pemerintah Jerman adalah pembangunan ekonomi Jerman Timur yang dapat bersaing, yang dapat bertahan di pasar dengan kekuatan sendiri serta yang dapat menawarkan kemungkinan untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan yang cukup.
Pemerintah Jerman akan terus melanjutkan pembangunan Jerman Timur dengan program „Masa Depan Timur" secara konsekuen. Berikut adalah beberapa poin-poin terpenting dalam program tersebut:
  • Stabilitas politik ketenagakerjaan yang aktif pada tingkat yang ada sekarang ini dan penciptaan tempat pendidikan.
  • Memperkuat basis dari industri lewat dukungan peralihan ke sektor jasa, ilmu pengetahuandan informasi.
  • Mempercepat pelaksanaan „Proyek Lalu Lintas Jerman Bersatu". Yang dimaksud dalam pembangunan infrastruktur adalah tidak hanya perbaikan hubungan lalu lintas jarak jauh saja, tetapi juga modernisasi infrastruktur daerah, terutama pembangunan jalan lingkar luar.

Komentar