Minuman Khas Jerman Mendapatkan Pengakuan dari Uni Eropa


Sejenis produk minuman dari sari buah Apel khas Jerman telah mendapatkan pengakuan dari Komisi Uni Eropa dengan diterbitkannya sertifikat Perlindungan Indikasi Geografis (PGI). Produk minuman berlabel “Hessischer Apfelwein “ ini telah dimasukkan kedalam daftar produk yang terlindungi keberadaannya secara hukum di wilayah Eropa dan sekitarnya. Minuman Hessischer Apfelwein masuk didalam kategori Jenis produk tertentu yang dilindungi oleh Uni Eropa. Dikarenakan produk tersebut merupakan produk olahan yang sudah menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah, kualitas, serta ciri khas tersendiri karena faktor wilayah geografis tempat pembuatan produk minuman tersebut.
Hessischer Apfelwein terbuat dari sari apel yang difermentasikan selama beberapa bulan, sehingga didapat kandungan alkohol alami dari sari apel tersebut. Menurut catatan Wikipedia Of Germany tertulis 5,5% – 7%  kandungan alkohol dari sari apel yang difermentasikan berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Rasa asam dan dan klenying-klenying inilah yang menjadikan produk minuman “Hessischer Apfelwein “ sangat berbeda dengan minuman lain. Produk tersebut banyak digemari oleh turis asing maupun penduduk di sekitar kota Hesse, Jerman.
Pengajuan yang dilakukan oleh sekelompok pelindung minuman apel di kota Hesse beserta Departemen Pertanian Jerman sejak 16 juli 2006 lalu telah mendapatkan titik terang seiring diberlakukannya perlindungan atas Indikasi Geografis dari produk minuman berlabel “ Hessischer Apfelwein “ ini. Produk minuman tersebut semakin melengkapi dari semua jenis produk dari negara Jerman yang telah mendapatkan perlindungan atas Indikasi Geografis yang lebih dahulu seperti kue yang populer di acara penikahan yaitu kue Dresdner Christstollen yang berasal dari kota Dresden, Jerman.

Komentar